TUGAS PROPOSAL STUDI KASUS

PROPOSAL STUDI KASUS

(Pendekatan Kualitatif)

 

Sistematika Proposal KuaLIttitatif

 

BAB I PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG
  2. FOKUS MASALAH
  3. RUMUSAN MASALAH
  4. TUJUAN PENELITIAN
  5. MANFAAT PENELITIAN

 

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

  1. KAJIAN TEORI
  2. KERANGKA BERFIKIR

 

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

  1. TEMPAT  DAN PENELITIAN
  2. JENIS PENELITIAN
  3. SUBYEK PENELITIAN
  4. DATA DAN SUMBER DATA
  5. TEKNIK SAMPLING
  6. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
  7. VALIDITAS DATA
  8. TEKNIK ANALISA DATA

 


METODE PENELITIAN

 

  1. A.      Tempat dan Waktu  Penelitian
    1. 1.         Tempat Penelitian

Tempat penelitian merupakan suatu lokasi dimana penelitian akan dilakukan untuk memperoleh data sesuai dengan permasalahan yang diajukan.

  1. 2.         Waktu Penelitian

Waktu penelitian berisikan kapan penelitian akan dilaksanakan

 

  1. B.       Jenis Penelitian
    1. 1.         Jenis Penelitian

Deskriptif kualitatif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata, kalimat, pencatatan dokumen maupun arsip yang gemlike arti yang sangat lebih dari sekedar angka atau frekuensi

  1. 2.         Strategi penelitian

Walaupun dalam penelitian kualitatif ditemui adanya bentuk penelitian terpancang (Embeded Research) yaitu penelitian kualitatif yang sudah menentukan fokus penelitian berupa variabel utamanya yang akan dikaji berdasarkan tujuan dan minat penelitiannya sebelum peneliti kelapangan studinya. Dalam proposal peneliti sudah menentukan terlebih dahulu fokus dari pada variabel tertentu. Akan tetapi dalam hal ini peneliti tetap tidak melepaskan variabel fokusnya (pilihannya) dari sifatnya yang holistik sehingga bagian-bagian yang diteliti tetap diusahakan pada posisi yang saling berkaitan dengan bagian-bagian dari konteks secara keseluruhan guna menemukan makna yang lengkap. (HB. Sutopo, 2002: 41-42).

Untuk itu maksud dari strategi tunggal terpancang dapat mengandung pengertian sebagai berikut: tunggal yang artinya hanya ada satu lokasi yaitu di …………………. Sedang terpancang artinya hanya pada tujuan untuk mengetahui ………………………….

Atau bisa dituliskan secara sederhana sebagai penelitian studi kasus

 

  1. C.      Subyek Penelitian

Tentukan siapa yang akan bertindak sebagai subyek penelitian pada penelitian ini yang akan dilakukan.

 

  1. D.      Data dan sumber data

Sumber data dalam penelitian kualitatif dapat berupa manusia, peristiwa, atau aktivitas, tempat atau lokasi, benda, beragam gambar dan rekaman, dokumen atau arsip”.

Jenis sumber data menurut Sutopo (2002) adalah sebagai berikut:

  1. Nara Sumber (Informan)

Jenis sumber data ini dalam penelitian pada umumnya dikenal sebagai responden. Manusia sebagai sumber data perlu dipahami, bahwa mereka terdiri dari beragam individu dan memiliki beragam posisi. Oleh karena itu di dalam memilih siapa yang akan menjadi informan, peneliti wajib memahami posisi dengan beragam peran serta yang ada sehingga dapat diperoleh informasi pernyataan maupun kata-kata yang diperoleh dari informan yang disebut data primer atau sering disebut sebagai informan kunci (key informan).

  1. Peristiwa (Aktivitas)

Data atau informasi juga dapat dikumpulkan dari peristiwa, aktivitas, atau perilaku sebagai sumber data yang berkaitan dengan sasaran penelitiannya. Dari pengamatan peristiwa dan aktivitas, peneliti akan bisa mengetahui proses bagaimana sesuatu bisa terjadi secara berlebih pasti karena menyaksikan sendiri secara langsung. Peristiwa sebagai sumber data memang sangat beragam, dari berbagai peristiwa, baik yang terjadi secara sengaja ataupun tidak, aktivitas rutin yang berulang atau yang hanya satu kali terjadi, aktivitas yang formal maupun tidak formal, dan juga yang tertutup ataupun yang terbuka untuk bisa dinikmati oleh siapa saja.

Berbagai permasalahan memang memerlukan pemahaman lewat kajian terhadap perilaku atau sikap dari para pelaku dalam lewat kajian terhadap perilaku atau sikap dari pelaku dalam aktivitas yang dilakukan atau yang terjadi sebenarnya. Bukan hanya lewat kajian terhadap perilaku atau sikap dari para pelaku dalam aktivitas yang dilakukan  atau yang terjadi sebenarnya. Bukan hanya lewat infomasi yang diberikan oleh seseorang atau dari catatan-catatan yang ada mengenai aktivitas tertentu. Namun perlu difahami bahwa tidak semua peristiwa bisa diamati secara langsung, kecuali ia merupakan aktivitas yang masih berlangsung pada saat penelitian dilakukan. Banyak peristiwa yang hanya terjadi satu kali, atau hanya berjalan pada jangka waktu tertentu dan tidak terulang kembali. Dalam hal semacam ini, kajian lewat peristiwa secara langsung tidak bisa dilakukan, kecuali lewat cerita narasumber, atau dokumen rekaman dan gambar bila ada.

  1. Dokumen dan arsip

Dokumen dan arsip merupakan dokumen tertulis yang bergayutan dengan satu peristiwa atau aktivitas tertentu. Ia merupakan rekaman tertulis (tetapi juga berupa gambar atau benda peninggalan yang berkaitan dengan suatu aktvitas atau peristiwa tertentu). Bila ia merupakan catatan lapangan yang bersifat formal dan terencana dalam organisasi, ia senderung disebut pasif. Namun keduanya bisa dikatakan sebagai suatu rekaman atau sesuatu yang berkaitan dengan suatu peristiwa tertentu dan dapat secara baik dimanfaatkan sebagai sumber data dalam penelitian.

 

 

 

 

  1. E.       Teknik Sampling

Dalam penelitian kualitatif lebih cenderung menggunakan teknik cuplikan yang bersifat selektif dengan menggunakan pertimbangan berdasarkan konsep teoritis yang digunakan, keingintahuan pribadi peneliti, karakteristik empiris dan lain-lain. Oleh karena itu cuplikan yang akan digunakan dalam penelitian bersifat Purposive Sampling, dengan kecenderungan peneliti untuk memilih informasi dan masalahnya secara lebih mendalam dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data yang mantap.

 

  1. F.       Teknik Pengumpulan Data
    1. Wawancara Mendalam

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam atau in depth interviewing. Wawancara ini bersifat lentur dan terbuka, serta tidak terstruktur ketat dalam suasana formal dan bisa dilakukan berulang pada informan yang sama .

  1. Observasi Langsung

Observasi ini dalam penelitian kualitatif sering disebut sebagai observasi berperan pasif .Observasi ini akan dilakukan dengan cara formal dan informal, untuk mengamati kegiatan pokok.

  1. Mencatat Dokumen (Content Analysis)

Teknik ini akan dilakukan untuk mengumpulkan data yang bersumber dari dokumen dan arsip

 

  1. G.     Validitas Data

Guna menjamin dan mengembangkan validitas data yang biasa digunakan dalam penelitian kualitatif yaitu teknik trianggulasi data atau sumber.

 

 

 

  1. H.     Teknik Analisa Data

Dalam proses analisis data terdapat 4 komponen utama yang harus dipahami oleh setiap peneliti kualitatif. Empat komponen utama tersebut adalah : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) sajian data, (4) penarikan kesimpulan/ verifikasi”.

  1. Pengumpulan Data

Kegiatan ini digunakan untuk memperoleh informasi yang berupa kalimat-kalimat yang dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang diperoleh masih berupa data yang mentah yang tidak teratur, sehingga diperlukan analisis agar data menjadi teratur.

  1. Reduksi Data

Merupakan suatu proses seleksi, pengfokusan penyederhanaan dan abstraksi dari field note (data mentah)..

  1. Sajian Data

Merupakan rakitan dari organisasi informasi yang memungkinkan kesimpulan riset dapat dilakukan. Sajian data dapat berupa matriks, gambar atau skema, jaringan kerja kegiatan dan tabel. Semuanya dirakit secara teratur guna mempermudah pemahaman informasi.

  1.  Penarikan Kesimpulan

Kesimpulan akhir akan diperoleh bukan hanya sampai pada akhir pengumpulan data, melainkan dibutuhkan suatu verifikasi yang berupa pengulangan dengan melihat kembali field note (data mentah) agar kesimpulan yang di ambil lebih kuat dan bisa dipertanggung jawabkan.

Keempat komponen utama tersebut merupakan suatu rangkaian dalam proses analisis data yang satu dengan yang lain sehingga tidak dapat dipisahkan, dimana komponen yang satu merupakan langkah menuju komponen yang lainnya, sehingga dapat dikatakan bahwa dalam penelitian kualitatif tidak bisa mengandung salah satu komponen.

 

 

 

 

Untuk lebih jelasnya, dapat dilihat dalam bagan berikut ini:

1. Pengumpulan Data

2. Reduksi Data

3. Sajian Data

4. Penarikan Simpulan /verifikasi Verifikasi

 

 

 

 

 

 

Data Model Analisis Interaktif

 

UNTUK UNDUH MATERI SELENGKAPNYA KLIK LINK BERIKUT  proposal kualitatif

About these ads

About samoke2012

Staf Pengajar di Prodi Diploma III Keperawatan Akademi Kesehatan Rustida Banyuwangi
This entry was posted in Pengantar Riset. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s